Ayo Kenali Katarak Mata Lebih Jauh!

Kenali Katarak Mata Hai teman-teman, selagi sehat ayo jaga kesehatan mata kalian! Pada artikel kali ini kita akan belajar bersama tentang katarak, dimana salah satu gejalanya adalah kabur atau buram dan silau saat terkena cahaya.

Yap! Katarak tidak hanya membuat penglihatan kita menjadi kabur namun bisa menyebabkan hilangnya penglihatan kita. Mari kita pelajari katarak lebih lanjut.

Katarak adalah kondisi mata yang tidak mampu melihat dengan jelas atau kabur. Gejala katarak adalah penglihatan kita menjadi keruh atau cloudy. Pandangan yang kabur tersebut disebabkan oleh protein yang menggumpal tidak teratur pada lensa mata sehingga penglihatan tidak mendapatkan pencahayaan yang cukup. Katarak adalah salah satu penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang yang berusia 40 tahun atau lebih.

Ada beberapa penyebab yang membuat orang-orang bisa menderita katarak, yakni:

  • Usia
    Semakin bertambah usia, fungsi mata semakin berkurang sehingga menyebabkan timbulnya katarak.
  • Trauma Pada Mata
    Efek traumatis dari cedera yang pernah dialami mata juga menjadi salah satu penyebab katarak
  • Efek samping Obat
    Kondisi medis seperti diabetes juga membuat mata rentan terkena katarak. Konsumsi atau penggunaan obat-obatan ortikosteroid ataupun diurestik juga bisa menyebabkan katarak. Tidak hanya itu, radiasi sinar matahari, asap rokok dan polusi udara juga bisa mengganggu penglihatan hingga katarak.

Setelah mengenali apa itu katarak hingga penyebabnya, kita juga perlu mengenali apa yang bisa menghilangkan katarak ini. Dan ternyata, tidak ada obat yang bisa menghilangkan katarak selain Operasi Katarak.

Obat-obatan yang kita konsumsi, bukan untuk menghilangkan katarak, namun hanya untuk mengurangi pertumbuhan katarak pada mata kita.

Namun, jangan khawatir. Operasi Katarak sekarang cukup mudah dan bahkan sekarang sudah ada teknologi yang tidak memerlukan jahitan lagi. Namanya teknologi Fakoemulsifikasi. Dengan teknologi ini, operasi katarak bisa dilakukan dengan singkat, dan mata kita juga bisa langsung digunakan seperti biasa.